Cari obat

  • Telusuri

    Cari berdasarkan nama obat.

MY ACCOUNT

Factory


Pabrik dan Kelengkapan Penunjang

PT. Berlico Mulia Farma berdiri di atas lahan seluas 6.600m2, terdiri dari 4 gedung. Gedung I digunakan untuk kegiatan produksi tablet, tablet salut, cream, gudang bahan baku, laboratorium pengembangan produk dan laboratorium pengawasan mutu. Gedung II, digunakan untuk gudang bahan kemas dan gudang obat jadi, Gedung III khusus untuk produksi sirup/suspensi. Gedung IV (dalam tahap pembangunan) direncanakan untuk perkantoran, ruang meeting dan gudang botol.

Di samping itu, untuk menunjang kegiatan produksi, PT. Berlico Mulia Farma juga dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang, di antaranya AHU (Air Handling Unit), fasilitas pembuatan air murni (purified water) terbaru yang disesuaikan dengan persyaratan cGMP (CPOB Terkini), dan sarana pengolahan limbah, baik limbah udara, limbah padat maupun limbah cair.

Kelengkapan Peralatan Pabrik

  • AHU (Air Handling Unit)

    AHU merupakan sarana produksi yang digunakan untuk mensuplai udara bersih ke ruang produksi. AHU terdiri dari beberapa mesin/alat yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga membentuk suatu sistem tata udara yang dapat mengontrol suhu, kelembaban, tekanan udara, tingkat kebersihan, pola aliran udara serta jumlah pergantian udara di ruang produksi sesuai dengan persyaratan ruangan yang telah ditentukan.

  • Purified Water System

    Sistem pengolahan air untuk produksi, telah memenuhi syarat sesuai dengan persyaratan CPOB Terkini (cGMP)

  • Sarana Pengolahan Limbah

    Sarana pengolahan limbah PT. Berlico Mulia Farma terdiri dari IPAL (instalasi pengolahan limbah cair), incenerator (untuk pengolahan limbah padat), dan lain-lain.

Zero Waste

Dalam hal pengolahan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3), baik padat maupun cair, PT Berlico Mulia Farma bekerja sama dengan pihak ketiga yang telah mempunyai izin dari pemerintah dalam hal pengolahan limbah tersebut.

WUJUDKAN PABRIK YANG RAMAH LINGKUNGAN

Sedangkan untuk limbah cair, telah diolah di fasilitas pengolahan limbah sendiri yang sudah terverifikasi oleh dinas terkait. Melalui water System, air tanah diolah menjadi air murni ( purified water ), yang telah memenuhi standar farmakopi yang ditetapkan agar bisa digunakan dalam proses produksi. Dalam proses produksi maupun pembilasan akhir dalam pencucian alat produksi, PT Berlico Mulia farma telah menggunakan air murni tersebut.

Perencanaan Pabrik Kedepan

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan produk memiliki rancang bangun konstruksi yang tepat, ukuran yang memadai serta ditempatkan dengan tepat, sehingga mutu yang dirancang bagi tiap produk terjamin secara seragam dari batch ke batch, serta untuk memudahkan pembersihan dan perawatannya. Peralatan baru di PT. Berlico Mulia Farma dilakukan kualifikasi antara lain: Instalation Qualification (IQ), Operational Qualification (OQ), dan Performance Qualification (PQ). Kalibrasi dilakukan terhadap peralatan yang digunakan untuk menimbang, mengukur, menguji, dan mencatat pada periode tertentu yang sudah ditetapkan. Selain itu, program kalibrasinya terjadwal agar keakuratan peralatan selalu terjaga. Penggunaan masing-masing jenis peralatan berdasarkan Standard Operational Procedure (SOP) yang ditetapkan masing-masing departemen, antara lain dalam pengoperasian, perawatan mesin, dan pembersihannya.

Peralatan yang digunakan dalam proses produksi menggunakan bahan yang tidak mudah berkarat dan tidak berinteraksi dengan produk, yakni stainlessteel. Setiap peralatan dilengkapi dengan label yang menunjukkan status alat dan produk yang sedang diolah. Setiap selesai digunakan, selalu dilakukan pembersihan rutin (sanitasi alat).