Berlico Mulia Farma

Kiat Mencegah & Mengatasi Kutu Air di Musim Hujan

Nov 12, 2019 11:15 oleh Berlico Content Manager
Kembali ke listing

Ketika musim hujan tiba, masalah kesehatan menjadi hal yang perlu diwaspadai. Salah satu ancaman penyakit yang sering terjadi adalah penyakit kulit. Pasalnya genangan air yang dihasilkan dari hujan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Apabila genangan air tersebut menyiprat ke tubuh kita, maka akan menimbulkan masalah penyakit kulit.

Penyakit kulit yang sering kali muncul akibat hujan adalah kutu air. Kutu air ditandai dengan ruam kemerahan yang lembap dan gatal di sela-sela jari kaki. Kulit yang terinfeksi juga menjadi pecah-pecah dan terkelupas. Kondisi ini disebabkan oleh kelembapan kaki yang meningkat akibat sepatu yang basah dan tertutup. Dermatophytes merupakan jamur yang sering kali menyebabkan kutu air. Jamur jenis ini dikenal sebagai athlete’s foot, karena sering menyerang kaki seseorang yang lembap. 

Kutu air yang hinggap di kaki Anda tentu akan mengganggu aktivitas karena rasa gatal dan tidak nyaman yang ditimbulkan. Oleh sebab itu lakukan tips berikut ini untuk mencegah kutu air di musim penghujan ini:

  1. Segera bersihkan kaki bila terkena cipratan air genangan hujan, dan keringkan dengan handuk bersih.
  2. Selalu jaga kaki agar selalu kering dan tidak lembap.
  3. Selalu kenakan kaus kaki yang bersih. Jangan gunakan ulang sebelum mencucinya terlebih dahulu.
  4. Kenakan sepatu yang ringan dengan sirkulasi udara yang baik.
  5. Hindari berbagi barang-barang pribadi, seperti handuk, pakaian, ataupun sepatu.
  6. Rutinlah mencuci sepatu.

Nah itulah beberapa tips mencegah penyakit kulit khususnya kutu air. Kuncinya adalah menjaga kebersihan diri agar bakteri dan jamur tidak akan berani masuk. Namun bila kutu air menyerang oleskan saja Daktazol. Daktazol mengandung Miconazole Nitrate untuk mengobati topikal infeksi jamur pada kulit dan super infeksi yang disebabkan bakteri gram positif. Meliputi athlete's foot, ringworm (infeksi tinea), intetrigo, candida nappy rash, paronychia, erythrasma, infeksi jamur pada telinga bagian luar dan pityriasis versicolor. Daktazol dapat juga digunakan untuk infeksi pada kuku.

  

Sumber:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3615037/4-penyakit-kulit-ini-rentan-muncul-di-musim-hujan
https://www.halodoc.com/musim-hujan-cegah-kutu-air-dengan-7-cara-Ini