Berlico Mulia Farma

Lakukan Hal Ini Untuk Menjaga Kehangatan Tubuh Bayi

Oct 22, 2019 09:58 oleh Berlico Content Manager
Kembali ke listing

Memasuki musim hujan, bayi membutuhkan perhatian ekstra agar tetap merasa hangat. Suhu tubuh bayi yang baru lahir pada umumnya sekitar angka 36,7 – 37,5 derajat Celcius. Karena masih berada dalam tahapan adaptasi dengan dunia di luar rahim sang ibu, bayi baru lahir perlu dijaga kehangatan tubuhnya. Tubuh bayi yang baru lahir juga masih belum bisa menghasilkan dan menyimpan panas secara optimal karena tidak memiliki lapisan lemak yang cukup. Hal ini penting diperhatikan agar bayi tidak mengalami hipotermia atau kondisi tubuh yang kedinginan karena tidak mampu beradaptasi dengan suhu ruangan di sekitarnya.

Untuk itu agar si kecil tetap hangat, ada baiknya orang tua menerapkan tips berikut ini.

  1. Memijat
    Pijatlah bayi Anda sebelum ia tertidur. Memijat dapat membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh sehingga bisa menjaga kehangatan bayi Anda. Setelah memijat, jangan lupa pakaian selimut dan kaos kaki.
  2. Dekap Dirinya
    Dekap dia di dekat dada Anda terutama di malam hari. Kehangatan tubuh Anda akan membuat bayi merasa senang dan hangat. Cara satu ini menjadi cara paling disukai oleh para ibu dan ayah.
  3. Pakaikan Baju yang Berlapis
    Jika bayi tampak tidak nyaman dan perutnya dingin, kenakan pakaian berlapis. Selain itu, kepala dan kaki bayi juga harus terlindungi dengan tutup kepala dan kaus kaki. Pilihlah bahan baju yang terbuat dari bahan katun agar kulit bayi nyaman.
  4. Dibedong
    Bedong adalah cara tradisional yang bermanfaat ketika musim hujan seperti sekarang ini. Bedong bisa membantu bayi yang kedinginan tetap hangat. Balutan kain bedong juga menyerupai kondisi di dalam rahim ibu, sehingga bayi akan lebih tenang dan tidak rewel.
  5. Tetap Pakai Selimut Saat di Stroller
    Jangan membiarkan bayi Anda tidak diberi selimut ketika berada di stroller-nya.  Bayi Anda tetap harus dipakaikan selimut saat berjalan-jalan di kereta dorongnya. Pakaikan selimut setinggi dadanya, dan pilih selimut yang berbahan katun ringan.
  6. Oleskan Minyak Telon
    Oleskan minyak telon secara rutin pada dada, perut dan telapak kaki bayi sesaat setelah bayi dimandikan dan dikeringkan, atau pada saat bayi terlihat kedinginan. Bayi yang kedinginan bisa dilihat dari kondisi kulitnya. Warna kulit bayi akan berubah menjadi belang-belang antara merah dan putih. Gerakannya pun akan sedikit dan cenderung lebih diam dari biasanya. Bayi yang merasa kedinginan, telapak kaki dan tangannya akan terasa dingin. Jika bayi kedinginan segeralah oleskan Minyak Telon Cap Tiga Anak. Minyak Telon Cap Tiga Anak berasal dari 3(tiga) kandungan minyak yakni Oleum Cocos (Minyak Kelapa) untuk melembabkan kulit, Oleum Anisi (Minyak Adas) untuk meredakan perut kembung, dan Oleum Cajuputi (Minyak Kayu Putih) yang berkhasiat menghangatkan tubuh bayi dan menghindarkan dari gigitan nyamuk.

Sumber :
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3622477/9-tips-menjaga-bayi-tetap-hangat-di-musim-hujan
https://www.liputan6.com/health/read/2676416/tips-merawat-bayi-di-bawah-1-tahun-di-musim-hujan
https://www.liputan6.com/health/read/2144520/5-cara-agar-badan-bayi-hangat-di-musim-hujan