Berlico Mulia Farma

Memelihara Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Dec 11, 2019 10:36 oleh Berlico Content Manager
Kembali ke listing

Halo sahabat berlico,

Apakah di daerah kalian sudah mengalami musim hujan? Ketika musim hujan tiba seringkali tubuh menjadi rentan terserang penyakit. Ternyata hal ini bukanlah mitos belaka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar sel darah putih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh ditemukan lebih rendah saat musim hujan. Selain itu, kadar vitamin D yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh juga mengalami penurunan, akibat kurangnya paparan sinar matahari ketika cuaca mendung. Padahal, sinar matahari diperlukan untuk membantu produksi vitamin D di dalam tubuh. Faktor-faktor inilah yang membuat tubuh lebih rentan terinfeksi kuman penyebab penyakit ketika musim hujan tiba.

Agar daya tahan tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dimusim hujan, penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Perbanyak makan sayur dan buah
    Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.
  2. Cukupi istirahat
    Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.
  3. Hindari stres
    Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.
  4. Rutin berolahraga
    Perbanyak jalan kaki dan berolahraga di luar ruangan seperti bersepeda, jogging dan sebagainya agar tubuh terpapar sinar matahari. Sinar matahari penting untuk kesehatan tubuh karena dapat membantu tubuh membuat vitamin D secara alami. Waktu ideal olahraga di bawah matahari, yakni jam 10.00 – 14.00 dimana pada jam tersebut sinar UVB optimal untuk membentuk vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup mampu membantu tubuh melawan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, sklerosis otot, flu, penyakit autoimun dan kanker tertentu. Disarankan rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
  5. Hindari rokok dan alkohol
    Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Selain menerapkan pola hidup sehat, konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Jika Anda ingin  mengonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh, IMUCO adalah pilihan yang tepat. IMUCO adalah suplemen peningkat daya tahan tubuh yang mengandung Echinacea. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, Echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. IMUCO tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Diminum 1 kali sehari 1 sendok takar untuk anak usia diatas 5 tahun dan 3 kali sehari 1 sendok takar atau 1 tablet salut selaput untuk usia dewasa.

Salam,
Sahabat Berlico

Sumber:

https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit
https://www.alodokter.com/tetap-sehat-saat-musim-hujan-begini-caranya
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3621322/dapatkah-vitamin-d-menunjang-rutinitas-olahraga
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-sinar-matahari-bagi-jantung/