Berlico Mulia Farma

Mengatasi Batuk Berdahak dan Pilek

Jan 16, 2020 03:34 oleh Berlico Content Manager
Kembali ke listing

Halo sahabat berlico,

Musim hujan seperti sekarang ini, memang bisa membuat orang menjadi gampang sakit. Perubahan cuaca yang sangat cepat dari panas kemudian turun hujan membuat sistem kekebalan tubuh kita lama-kelamaan menjadi drop, sehingga rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit langganan yang sering sekali muncul di musim hujan adalah batuk berdahak yang bisa disertai atau tanpa disertai pilek.

Pada dasarnya, batuk adalah upaya tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang terdapat dalam sistem pernapasan. Benda asing yang dimaksud seperti debu, polusi, alergen (zat pemicu alergi) bakteri ataupun virus.  Saat benda asing masuk ke dalam sistem pernapasan, tubuh akan menghasilkan lendir untuk memerangkap benda asing tersebut dan mengeluarkannya melalui mekanisme batuk ataupun bersin. Pada saat batuk, otot dada dan perut berkontraksi lalu udara akan menyembur melalui sistem pernapasan untuk mendorong keluar benda asing tersebut.

Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Ketika saluran pernapasan terinfeksi, tubuh akan menghasilkan lebih banyak lendir untuk mengeluarkan organisme penyebab infeksi. Itulah mengapa saat mengalami batuk berdahak, Anda disarankan untuk membuang dahaknya bukan menelannya.

Untuk mengatasi batuk berdahak tergantung pada penyebabnya. Apabila batuk berdahak disebabkan oleh virus, maka tidak perlu pengobatan khusus. Coba atasi batuk berdahak dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Menjaga udara tetap lembap
    Udara yang kering rentan mengiritasi tenggorokan, sehingga memicu tubuh untuk memproduksi lendir atau dahak lebih banyak. Anda bisa menempatkan humidifier di kamar tidur untuk menjaga udara tetap lembap.
  2. Penuhi cairan tubuh
    Minum air putih hangat dapat membantu mengencerkan dahak sehingga gampang dikeluarkan. Minum segelas air putih hangat di saat menderita batuk dan pilek dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat, bersin, batuk kering, hingga rasa gatal di tenggorokan.
  3. Kumur dengan air garam
    Air garam dapat meredakan tenggorokan yang sakit dan mengalami iritasi. Selain itu, air garam juga membantu mengeluarkan lendir atau dahak yang berada di belakang tenggorokan dan mengurangi rasa gatal di saluran napas. Campurkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat untuk membuat obat kumur.
  4. Hindari iritan
    Bahan kimia, wewangian, dan polusi mudah mengiritasi hidung, tenggorokan, dan saluran pernapasan kita. Akibatnya, iritan tersebut dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lendir. Hindari asap rokok karena asap rokok memicu produksi lendir lebih banyak.
  5. Mandi air hangat
    Selain membuat tubuh lebih nyaman karena suhu air yang hangat, udara lembap dari uap air juga akan membuat lendir di dalam hidung menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Uap yang dihasilkan dari mandi air hangat membantu melonggarkan dan membersihkan lendir di hidung dan tenggorokan.
  6. Perbanyak serat
    Konsumsi makanan kaya serat dari sayuran dan buah. Serat membantu meredakan masalah pernapasan terkait dengan dahak. Terdapat beberapa macam buah yang kandungan nutrisinya dipercaya mampu membantu meredakan dan menyembuhkan batuk secara alami salah satunya adalah apel.
  7. Hindari makanan pemicu refluks asam
    Refluks asam dapat menyebabkan peningkatan dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Oleh sebab itu, hindari konsumsi makanan-minuman yang dapat memicu refluks asam seperti gorengan, alkohol, kopi dan makanan pedas.
  8. Minum Berlifed
    Bila batuk berdahak yang Anda alami sampai mengganggu aktivitas, segera minum Berlifed. Berlifed mengandung Promethazine HCl, Pseudoephedrine HCl, Sodium Citrate, Ammonium Chloride, untuk meringankan batuk berdahak dan pilek. Agar obat bisa bekerja dengan efektif, sebaiknya diminum secara rutin dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Namun bila batuk berdahak sudah berlangsung lebih dari seminggu dan tidak kunjung sembuh juga setelah minum obat, periksakan segera ke dokter. Waspadai juga batuk berdahak yang disertai gejala-gejala seperti muncul bercak darah, dahak berwarna hijau atau kuning, sesak napas, berkeringat dingin di malam hari dan demam tinggi. Sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Salam,
Sahabat Berlico

Sumber:

https://www.halodoc.com/menghilangkan-batuk-berdahak
https://www.halodoc.com/musim-pancaroba-waspada-batuk-berdahak-menyerang