Berlico Mulia Farma

Tips Karantina di Rumah yang Sehat dan Menyenangkan

Apr 30, 2020 10:59 oleh Berlico Content Manager
Kembali ke listing

Halo sahabat berlico,

Hingga saat ini jumlah penderita infeksi virus corona mencapai lebih dari 2 juta orang. Tingginya tingkat penyebaran virus membuat beberapa negara memberlakukan kebijakan social distancing hingga lockdown wilayah untuk mencegah penularan semakin meluas.

Kebijakan social distancing maupun lockdown adalah kebijakan yang mewajibkan masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah apabila tidak penting dan melakukan karantina secara mandiri di rumah. Pemerintah juga menghimbau agar karyawan perusahaan bisa bekerja dari rumah atau Work From Home selama pandemi masih berlangsung. Dengan kebijakan ini diharapkan dapat memutus rantai penularan virus corona.

Meskipun kebijakan tersebut dirasa paling tepat untuk mecegah penularan virus corona, namun jika dilakukan dalam waktu yang lama dengan batas waktu yang tidak menentu akan berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Bagi sebagian orang yang biasa bekerja di luar rumah, bertemu teman-teman, melakukan aktivitas fisik di luar tentu akan sangat menjenuhkan jika harus berada di rumah dalam waktu yang lama. 

Nah, supaya karantina mandiri tetap sehat dan menyenangkan, berikut adalah beberapa tips yang perlu dilakukan.

  1. Tidur yang cukup
    Tidur sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki sel, membersihkan racun, mengkonsolidasikan ingatan kita dan memproses informasi. Kurang tidur dapat berdampak besar pada kesehatan yang secara negatif mempengaruhi konsentrasi, kesejahteraan psikologis dan bahkan kecerdasan emosional. Jika merasa sulit untuk tidur akibat rasa cemas, cobalah untuk membatasi untuk melihat dan mendengar berita sebelum tidur. 
  2. Tetap berolahraga
    Berolahraga dapat melepaskan zat kimia dalam tubuh yang membuat setiap orang merasa lebih baik. Ini juga dikaitkan dengan tidur lebih baik, berkurangnya stres dan rasa cemas, serta meningkatkan fungsi memori dan kognisi. Seperti yang disarankan oleh WHO, gerakan moderat selama 30 menit menjadi yang disarankan untuk dilakukan saat ini dan Anda bisa membagi waktu tersebut menjadi masing-masing 10 menit di pagi, sore, dan malam.
  3. Tetap berinteraksi
    Saat ini hampir setiap orang mungkin semakin merasa sepi dan membutuhkan teman-teman. Keterhubungan sosial juga memiliki peranan penting bagi kesehatan kita seperti pola makan, gerakan, dan tidur. Cobalah berinteraksi melalui koneksi internet. Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan berinteraksi tanpa harus bertemu secara langsung, seperti Zoom, Houseparty, atau Google Hangouts. Video call bersama teman teman juga efektif untuk menghilangkan bosan dan rasa sepi.
  4. Lakukan kegiatan yang menyenangkan
    Cobalah melakukan kegiatan yang menyenangkan dan beristirahat sejenak dari berbagai berita. Saat karantina merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hal yang biasanya tidak bisa dilakukan karena kesibukan sehari-hari di luar. Manfaatkan waktu karantina untuk melakukan hobi yang bisa dilakukan di rumah seperti bermain game, bermain gitar, memasak, menjawab teka-teki, menjahit, bermeditasi, membaca tumpukan buku dan kegiatan menyenangkan lainnya. WHO juga pernah menyarankan manfaatkan keterampilan yang telah dimiliki di masa lalu yang telah membantu kita melewati masa-masa sulit.
  5. Mengkonsumsi makanan bergizi
    Hingga saat ini vaksin virus corona belum ditemukan jadi tidak ada seorangpun yang bisa sepenuhnya terhindar dari risiko tertular virus corona jenis baru ini. Karena itu, yang bisa dilakukan saat ini adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Pola makan sehat terbukti mengurangi depresi dan kecemasan. Utamakan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti sayur dan buah buahan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyarankan setiap orang menghindari rokok, alkohol, maupun obat-obatan apapun yang dianggap dapat mengatasi stres. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar karantina mandiri tetap sehat dan menyenangkan. Jangan lupa untuk tetap menjaga daya tahan tubuh anda, karena virus akan mudah menyerang ketika daya tahan tubuh kita lemah. Untuk membantu memelihara daya tahan tubuh anda, pastikan anda mengkonsumsi makanan bergizi dan bila perlu minum IMUCO.

IMUCO mengandung ekstrak Echinacea yang dipercaya mampu memelihara daya tahan tubuh. Echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antiradang, antioksidan dan imunomodulator. IMUCO tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Diminum 1 kali sehari 1 sendok takar untuk anak usia diatas 5 tahun dan 3 kali sehari 1 sendok takar atau 1 tablet salut selaput untuk usia dewasa. Bila anda merasakan gejala virus corona segera hubungi rumah sakit atau dokter terdekat.

Salam,
Sahabat Berlico

Sumber:

https://republika.co.id/berita/q7zxki463/tips-agar-tetap-sehat-selama-karantina-di-rumah
https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/121600265/5-kiat-tetap-sehat-dan-bahagia-saat-karantina-diri-di-rumah?page=2
https://www.halodoc.com/tips-menghindari-stres-saat-karantina-diri-di-rumah
https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/20/065334465/update-virus-corona-di-dunia-20-april-239-juta-orang-terinfeksi-618880?page=all