Berlico Mulia Farma

Tips Mengatasi Demam pada Anak

Jan 09, 2020 11:28 oleh Berlico Content Manager
Kembali ke listing

Halo sahabat berlico,

Musim hujan memang menyenangkan karena cuaca menjadi sejuk, teduh, dan kebun menjadi segar. Anak-anak biasanya menyukai musim hujan karena mereka bisa bermain air sepuasnya. Akan tetapi, perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba tersebut dapat membawa berbagai jenis kuman dan virus yang bisa mengakibatkan demam pada anak.

Usia anak-anak adalah usia yang rentan terhadap penyakit demam. Suhu normal anak adalah 36,5 – 37,5° C, dan dapat dianggap mengalami demam ketika suhunya meningkat sampai lebih dari 38°C. Tidak jarang orangtua mengalami kekhawatiran saat anak demam tinggi di musim hujan. Namun jangan khawatir, demam pada anak bisa dengan cepat Anda atasi dengan cara yang cukup mudah berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kompres air hangat
    Apabila anak demam, Anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat dapat membuat pori-pori kulit terbuka sehingga panas tubuh lebih mudah dikeluarkan. Sebaliknya, hindari menggunakan alkohol atau air dingin. Alkohol atau air dingin akan menyebabkan pori-pori kulit mengecil sehingga panas tubuh malah tidak bisa keluar sehingga demam sulit turun.
  2. Hindari pakaian tebal
    Beberapa orang mungkin beranggapan kalau mengenakan anak pakaian yang tebal atau selimut akan membuatnya lebih cepat berkeringat, hingga suhu tubuh pun berangsur menurun. Namun sesungguhnya ini anggapan yang salah. Tidak harus memakai pakaian yang tebal, cukup dengan pakaian yang agak tipis tapi tertutup, dan selimuti anak. Pakaian yang terlalu tebal justru dapat mencegah panas tubuh anak keluar, sehingga demam anak bisa lebih tinggi. Pakaian yang lebih tipis dapat membantu panas dari dalam tubuh keluar lebih mudah.
  3. Beri banyak cairan
    Demam secara otomatis akan menyebabkan sebagian cairan tubuh anak keluar melalui keringat. Maka dari itu, beri ia minum banyak cairan agar terhindar dari resiko dehidrasi. Berikan air putih, jus buah encer, sup hangat, dan/atau minuman isotonik untuk mengembalikan cairan tubuh yang sempat hilang karena demam.
  4. Minum Itamol
    Itamol juga bisa Anda berikan sebagai pertolongan pertama pada anak demam. Itamol mengandung paracetamol untuk menurunkan demam, demam setelah vaksinasi dan meringankan rasa sakit pada otot, sakit kepala, sakit gigi. Tersedia dalam dua varian yaitu Itamol drop untuk bayi, dan Itamol sirup untuk anak-anak.

Namun jika demam tak kunjung sembuh dan mulai disertai gangguan seperti muntah, diare, leher kaku, atau ruam yang tidak biasa, segera bawa ke dokter supaya anak mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Salam,
Sahabat Berlico

Sumber:

https://doktersehat.com/mengatasi-demam-pada-anak-di-musim-hujan/    
https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/mengatasi-demam-anak/
https://www.halodoc.com/5-pertolongan-pertama-pada-anak-demam