Berlico Mulia Farma

Tips Menjalani New Normal di Tengah Pandemi

Jun 11, 2020 08:49 oleh Berlico Content Manager
Kembali ke listing

Halo sahabat berlico,

Penyebaran virus Covid-19 masih terus meningkat tak terkecuali di Indonesia. Hingga saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 33 ribu. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk menahan laju penularan, mulai dari pemberlakuan PSBB, peningkatan jumlah pemeriksaan PCR Covid-19, hingga pembuatan rumah sakit darurat, namun belum terlihat tanda-tanda penyebaran virus ini akan selesai.

Di tengah laju penularan virus corona yang masih tinggi bahkan kurva di beberapa daerah cenderung naik, pemerintah Indonesia mulai transisi secara bertahap melonggarkan PSBB dan menerapkan New Normal. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat dampak dari PSBB yang berkelanjutan akan mengakibatkan roda perekonomian terhenti yang bisa menimbulkan kekacauan di masa depan. New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Jadi masyarakat diminta untuk tetap produktif, disisi lain harus menjaga diri agar tidak terkena virus Covid-19.

Jadi mulai sekarang kita harus mempersiapkan diri untuk menjalani new normal. Nah, agar bisa menjalani New Normal dengan rasa aman, ada beberapa tips yang perlu dilakukan.

  1. Menerima perubahan dan menyesuaikan diri
    Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah berdamai dengan kondisi yang terjadi saat ini. Menerima perubahan yang terjadi dapat membuat seseorang lebih mudah untuk beradaptasi/menyesuaikan diri terhadap hal-hal baru. Misalnya, mempelajari penggunaan teknologi dan melakukan rutinitas baru terutama dalam hal menjaga kebersihan.
  2. Sadar akan keselamatan diri dan orang tersayang 
    Perhatikan protokol kesehatan yang diberikan pemerintah dengan baik. Protokol kesehatan dibuat agar aktivitas yang kita lakukan bisa mencegah penularan virus baik pada diri sendiri maupun orang lain. Dengan kesadaran yang kuat kita harus taat melaksanakannya demi kebaikan diri sendiri dan orang-orang tersayang di sekitar kita sehingga bisa membantu mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.
  3. Gunakan perlengkapan untuk keamanan diri saat bepergian 
    Sebelum melakukan aktivitas di luar rumah, siapkan perlengkapan keamanan. Bila harus bekerja atau belanja keperluan dapur, ada beberapa item yang harus dipersiapkan, seperti jaket, masker, dan sabun cair atau hand sanitizer. Selain itu, pastikan juga untuk selalu rutin mencuci tangan selama berada di luar. Bersihkan tubuh dan ganti pakaian saat kembali ke rumah.
  4. Jaga jarak di tempat umum 
    Meskipun pelonggaran PSBB diberlakukan bukan berarti kita bisa berkumpul sesuka hati. Pastikan kita tetap jaga jarak (physical distancing). Berusaha dan sabar untuk tidak berkumpul saat berada di kantor, buat jarak dengan rekan kerja untuk kebaikan bersama. Hindari tempat-tempat yang berpotensi terjadi perkumpulan seperti mall dan tempat berbelanja jika tidak penting. Dan jangan lupa rutin mencuci tangan selama berada di luar serta membersihkan tubuh dan pakaian saat kembali ke rumah.
  5. Menjaga daya tahan tubuh 
    Daya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan dalam menghadapi virus Covid-19. Perkuat daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, olahraga teratur di rumah, serta konsumsi makanan bernutrisi terutama sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan serta multivitamin. Bila perlu minum IMUCO

IMUCO mengandung ekstrak Echinacea dan Zinc yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. IMUCO tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Diminum 1 kali sehari 1 sendok takar untuk anak usia diatas 5 tahun dan 3 kali sehari 1 sendok takar atau 1 tablet salut selaput untuk usia dewasa.

Itulah beberapa tips yang perlu dilakukan agar kita bisa menjalani New Normal dengan rasa aman. Bila anda merasakan gejala infeksi virus Covid-19 segera hubungi rumah sakit atau dokter terdekat.

Salam,
Sahabat Berlico

Sumber:

https://www.kemkes.go.id/article/view/20052400003/pencegahan-covid-19-di-tempat-kerja-era-new-normal.html
https://kumparan.com/hipontianak/5-cara-mempersiapkan-diri-hadapi-new-normal-1tVy7PV7SJW/full
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200601023117-284-508580/5-kunci-menghadapi-new-normal-pandemi-virus-corona
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4265327/4-cara-persiapkan-diri-menghadapi-new-normal-di-indonesia
https://kumparan.com/infopbun/tips-menghadapi-new-normal-di-tengah-pandemi-1tUf5pQx1gA/full
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200609093102-20-511278/update-corona-9-juni-33076-positif-11414-sembuh